Satu Kunci Menjemput Kebahagian




 Satu Kunci Menjemput Kebahagian

            Kebahagian. Bagiku itu merupakan satu kata yang memiliki makna tak terhingga. Tersebab jika saja kita tanyakan pada setiap makhluk yang menghuni bumi ini, kuyakin setiap darinya memiliki versi tersendiri dalam menjawabnya. Dan  kalkulator secanggih apa pun, ku pastikan tak dapat menghitung berapa banyak jumlahnya. Ya, hanya Dia. Hanya Dia-lah yang mampu mengetahui segala sesuatu yang tak dapat dijangkau oleh makhluk-Nya.

            Kebahagian. Begitu banyak yang berlomba-lomba tuk meraih-Nya. Hingga keglamoran dunia menjadikan kita terlena memahami makna bahagia. Tidak sedikit yang menakar kebahagian dengan harta benda. Berlelah-lelah hingga segala upaya dilakukan demi meraup kekayaan sebanyak mungkin. Tak jarang juga mereka yang tidak ingin berjalan di atas proses menghalalkan segala cara demi menggapai apa yang menjadi kehendaknya. Audzubillah min dzalik. Semoga kita tidak termasuk golongan dari mereka.

            Kebahagian. Andai saja setiap kita bisa merasakannya, bahwa betapa dekatnya ‘kebahagian’ itu dengan diri kita. Tak perlu berlari kesana kemari. Satu kunci kebahagian itu sebenarnya ada pada diri kita sendiri. Kunci itu bernama ‘syukur’. Ya, kunci itu tak kasat mata. Sebagaimana juga bahagia. Hanya hatilah yang dapat merasakan dua hal tersebut.

Dengan bersyukur, kita akan merasa cukup dengan segala yang dilimpahkan Tuhan dan tidak akan merasa kurang terhadap apa yang telah kita miliki. Bahkan Allah SWT pun berjanji akan menambah nikmat yang telah kita dapatkan bagi siapa yang bersyukur. Sebagaimana yang tertulis dalam surah Ibrahim ayat 7:
وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِنْ شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ ۖ وَلَئِنْ كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٌ
Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih."

Dengan menerapkan prilaku syukur, perasaan bahagia akan serta merta menghiasi hari-hari yang kita jalani. Mari kita sama-sama mengucap ‘Alhamdulillah’ sebagai ungkapan rasa syukur pada-Nya karena hingga detik ini Allah SWT telah limpahkan banyak sekali kenikmatan yang terkadang kita tidak menyadarinya. Untuk mengakhiri tulisan ini saya akan persembahkan sebuah lagu yang mungkin telinga kita sudah tidak asing lagi. Oke, siap ya dengerin?

“Syukuri apa yang ada.
Hidup adalah anugerah.
Tetap jalani hidup ini.
Melakukan yang terbaik.
Tuhan pasti kan menunjukkan.  
Kebesaran dan kuasa-Nya.
Bagi hamba-Nya yang bersyukur.
Dan tak pernah putus asa.”
             
           Yup! Betul banget. Itu adalah lagunya D’Masiv. Dengan catatan satu kata mengalami perubahan yang dilakukan oleh penulis. 

#OneDayOnePost
#ODOPbatch5

11 komentar:

  1. setuju! kadar keimanan seseorg jg bisa dilihat seberapa besar di bersyukur.. tulisannya inspired ...

    Ada typo dikit, "betapa dekatnya ‘kehagian’ ..."

    BalasHapus
  2. Memotivasi banget kak tulisannya😉😉

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah, terima kasih sudah berkunjung ke gubuk ini. :)

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah...
    diingatkan untuk bersyukur hari ini,
    makasih untuk tulisannya kak...

    BalasHapus
  5. Barakallah kk, semoga terus mnginspirasi :)

    BalasHapus
  6. Barakallah kk, semoga terus mnginspirasi :)

    BalasHapus
  7. Syukur, kata yg pengaplikasiannya tak semudah pengucapannya..

    BalasHapus
  8. Self reminder... Sangat menginspirasi 😊

    BalasHapus